Advertisement
Dalam pertemuan ini hadir CEO Dorna Sport Carmelo Ezpeleta, Presiden IRTA (Asosiasi Tim Balap International) Herve Poncharal, perwakilan MSMA (Asosiasi Pabrikan) Takanao Tsubouchi dan Managing Director Dorna Sports Javier Alonso.
Larangan winglet dikemukan karena mempertimbangkan keselamatan para rider MotoGP. Pasalnya pada GP Argentina sempat terjadi insiden antara Marquez dan Ianonne. Ianonne yang saat itu ingin melakukan overtaking tapi ternyata winglet motornya malah mengenai punggung Marquez.
![]() |
autoevolution.com |
Beruntungnya motor Marquez (saat itu) masih lebih cepat dari motor Ianonne sehingga tidak melukai Marquez. Tapi bila motor Ianonne lebih cepat maka bisa dipastikan punggung Marquez akan disobek (mengalami luka berat) oleh winglet Ianonne.
Setelah dilakukan investigasi oleh komisi keselamatan MotoGP mengenai winglet pada motor Ducati, ditemukan fakta bahwa winglet terbuat dari komponen yang keras dan tidak bisa patah. Sehingga dipastikan sangat berbahaya bila menghantam rider lain. Inilah yang menjadi latar belakang pelarangan winglet mulai tahun 2017.
![]() |
drivespark.com |
Ducati adalah pihak yang sangat menentang keputusan tersebut. Mereka mengklaim bahwa penggunaan winglet itu aman dan menuding bahwa statement negatif tentang winglet hanya karena iri saja.
Penggunaan winglet di motor Ducati memang memberikan dampak yang sangat signifikan. Pasalnya motor Ducati memiliki tenaga yang sangat besar (lebih besar dari Yamaha, Honda ataupun Suzuki) sehingga sangat sulit untuk dikontrol alias tidak stabil.
Terutama pada saat di tikungan, mesin Ducati yang liar memang membutuhakn winglet untuk meningkatkan Downforce terhadap ban depan. Maksud Downforce ini adalah daya tekan yang yang menekan ban ke arah bawah. Tekanan ini ditimbulkan secara otomatis (oleh angin) karena motor melaju kencang.
Sehingga begitu keluar dari tikungan walaupun motor digaspol maka ban depan terangkat (wheelie). Hasilnya motor akan jadi lebih cepat keluar dari tikungan.
Sekarang karena aturan sudah melarang penggunaan winglet maka Ducati akan potar otak untuk menemukan cara untuk mengontrol mesin liar Ducati. Dari Autoevolution.com diberitakan juga bahwa Ducati memperingatkan regulator untuk membuat peraturan dengan baik dan menggunakan kata yang tepat. Karena Ducati akan memanfaatkan celah sekecil apapun untuk mengatasi masalah winglet ini.