Tidak di pungkiri Mesin adalah komponen termahal yang memakan biaya belanja Tim. Bahkan untuk mesin motor yang di gunakan oleh Rosi memakan biaya lebih dari $5 juta atau boleh dikatakan sekitar 60 MILIAR Lebih, WOW.. Nilai yang fantastis.
Apa saja bagian-bagian MotoGP yang digunakan hingga memakan dana sebesar itu?
MESIN V4
Mesin V4 ini bisa juga disebut dengan mesin V-Four mesin inilah yang di anggap mesin yang sangat ideal di MotoGP tahun 2016, ukuran diimensinya 35% lebih kecil dan bisa menghasilkan tenaga yang sama.
Mesin V-four ini mempunyai interval yang labih halus atau smooth dibandingkan dengan inline Four.
Jadi Mesin V4 ini mempunyai keunggualan dibandingkan dengan mesin empat silinder segaris.
Selain ada Keuntungan tentunya adapula kelemahan dari Mesin 4 Silinder Segaris ini.
Mesin V-four ini mempunyai interval yang labih halus atau smooth dibandingkan dengan inline Four.
Jadi Mesin V4 ini mempunyai keunggualan dibandingkan dengan mesin empat silinder segaris.
![]() |
source:rearslide.com/ |
MESIN 4 SILINDER SEGARIS
Mesin 4 Silinder Segaris ini juga merupakan mesin MotoGP2016 yang memiliki banyak keuntungan.
Berikut ini sedikit tentang keuntungan yang dimiliki oleh Mesin 4 Silinder Segaris:
- Dimensi atau ukuran setiap Silinder sangat combussin atau efisien
- Mudah mendapatkan Throttle Rideability (untuk saluran masuk udara ke pembakarann)
- Dalam segi penggunaan bahan bakarnya tentu hemat
- Ditinjau dari Segi biaya pembuatannya juga lebih efisien
![]() |
source; rearslide.com |
Berikut ini adalah beberapa kelemahan yang dimiliki oleh Mesin 4 Silinder Segaris;
- Memiliki Getaran yang sedikit berlebih dibandingkan denan Mesin V4
- Mesin 4 mempunyai jeda diantara siklus pembakaranya
- Dimensinya lebih besar dibandingkan dengan Mesin V4
![]() |
source: motohits.com |